Aubade: Kumpulan Tulisan Musik

Aubade: Kumpulan Tulisan Musik adalah buku ketiga Aris Setyawan. Sebelumnya Aris telah menerbitkan dua buku yaitu Pias: Kumpulan Tulisan Seni dan Budaya, dan Wonderland: Memoar Dari Selatan Yogyakarta.

Aubade: Kumpulan Tulisan Musik adalah sebuah buku antologi yang berisi tulisan-tulisan tentang musik. Sebelumnya tulisan-tulisan tersebut telah dimuat di berbagai media baik daring maupun luring selama periode 2015 sampai 2020. Tulisan-tulisan tentang musik tersebut kemudian dirangkai menjadi satu buku ini.

Yang istimewa dari tulisan-tulisan Aris adalah bagaimana Aris bisa membedah kelindan antara musik dengan berbagai hal seperti manusia, kemanusiaan, sosial, dan politik. Tulisan-tulisan Aris dalam buku ini membicarakan musik bukan hanya sekadar sebagai bentuk hiburan. Aris, memaknai musik sebagai ilmu pengetahuan. Maka, wajar jika tulisan-tulisan Aris banyak bersinggungan dengan berbagai isu.

Misalnya, Aris membicarakan musik dan kaitannya dengan kesehatan mental dalam tulisan “Ihwal Kesehatan Mental di Blantika Musik Nusantara”, “Mengapa Musisi Rentan Depresi hingga Bunuh Diri”, dan “Hello Chester”.

Aris juga membahas keterkaitan antara musik dan politik dalam tulisan “Musik dan Politik Otentik”, dan “RUU Permusikan dan Pembungkaman Kreativitas Musisi”.

Aris juga mampu membahas sejarah sebuah musik secara komprehensif. Misalnya di tulisan “Perkembangan Musikal Dangdut”, secara runut dan komplet Aris melacak sejarah kelahiran musik dangdut dan berbagai varian sub-genrenya.

Buku Aubade: Kumpulan Tulisan Musik ini menjadi penting karena di Indonesia jarang ditemukan buku-buku tentang musik yang memaknai musik sebagai bentuk ilmu pengetahuan. Biasanya buku-buku musik di Indonesia sebagian besar berisi panduan-panduan cepat bermain musik, atau semacam buku self help untuk siapapun yang ingin belajar bermain musik.

Aubade: Kumpulan Tulisan Musik adalah satu dari sedikit buku yang mengulas musik dan kaitannya dengan manusia dan kemanusiaan.

Semoga buku ini menjadi sumbangsih yang berguna untuk bangsa Indonesia, terutama untuk perkembangan musik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.